Beranda » tips ayah » Kesehatan Anak » Tips Untuk Para Ayah Setelah Kelahiran Buah Hatinya

Tips Untuk Para Ayah Setelah Kelahiran Buah Hatinya

Dilihat 1.924x | Tags tips ayah, Kesehatan Anak,

Tips Untuk Para Ayah Setelah Kelahiran Buah Hatinya Desember 2017

Obat Anak Kecil | Setelah 9 bulan melewati masa kehamilan, kelahiran buah hati akan menjadi saat yang membahagiakan, baik bagi bunda ataupun bagi sang ayah. Sama seperti bunda, ayah juga akan merasa senang dan sulit menjalani tugas baru untuk sebagai orang tua. Juga berbagai tanggung jawan baru bisa melelahkan, bahkan menimbulkan depresi, dan tak heran baby blues sampai depresi pasca kelahiran bisa terjadi pada ayah, meskipun tidak sebanyak para bunda.


Untuk masalah ini, para ayah harus lebih siap dan kuat menghadapi berbagai perubahan pasca kelahiran buah hati. Diperlukan kesabaran yang besar, manajemen emosi yang baik, juga kemampuan untuk menikmati setiap perubahan sebagai sebuah keasyikan tersendiri. Untuk mengatasinya, kami akan memberikan beberapa tips untuk seorang ayah yang mungkin bisa membantu.

No 1, dengan mengubah cara pandang kita tentang bagaimana seharusnya hidup yang "normal". Setelah 9 bulan melewati masa kehamilan yang melelahkan, penting untuk menyesuaikan pola pikir dengan berbagai perubahan yang terjadi. Memang terdengar kejam, tapi jangan pernah berharap akan kembali ke kehidupan lama, karena kini kita menjalani peran baru dan tentunya dalam hidup yang baru yakni menjadi seorang ayah. Jalani seperti halnya air yang mengalir.

No 2,Siapkan diri untuk kurang tidur, karena bayi baru lahir tidak memiliki kebiasaan tidur yang sama dengan orang dewasa. Mereka seringkali bangun di tengah malam, bisa saja itu karena mereka lapr, kepanasan, atau terganggu denan popok yang kotor. Jadi siapkan yah ayah, tidur malam ayah pasti akan terganggu. Dan diingat juga bahwa bukan hanya ayah yang mengalaminya, meskipun masih memerlukan pemulihan setelah melahirkan, bunda juga harus bangun setiap malam karena tangisan si kecil.

No 3, Cobalah untuk melakukan tugas di rumah untuk membantu istri, seperti mencuci pakaian bayi, merawat bayi, atau saat bunda menyusui, energinya akan terkuras dan lebih cepat merasa lelah sehingga bantuang seorang ayah akan sangat diperlukan. Lakukan juga hal-hal kecil seperti membawakan cemilan dan minuman saat bunda sedang menyusui. Perhatian kecil seperti itu tentunya akan membantu bunda merasa lebih kuat lagi.

No 4, Jangan khawatir jika belum bisa melakukan tugas untuk mengasuh buah hati dengan baik dan benar. Semua orang perlu belajar untuk melakukan tugas tersebut. Jangan sungkan atau ragu untuk membantu istri saat mengganti popok, meminang buah hati, atau menepuk-nepuk punggung si kecil sehabis menyusui. Tetaplah menjadi seorang ayah yang percaya diri, karena segala yang ayah lakukan akan menjadi kenangan yang bisa diceritakan pada buah hati ketika ia sudah besar kelak.

No 5, Hati-hati tanda depresi yang terjadi pada wanita setelah melahirkan. Baby blues memang wajar terjadi pada minggu awal setelah melahirkan, namun jika gejala baby blues terjadi sampai waktu yang lama, mungkin bisa saja itu gejala depresi. Tanda-tanda depresi seperti sering menangis, perasaan menjadi sangat sensitif, dan bahkan mengalami insomnia yang bukan karena tangisan si kecil. Penderita depresi pasca melahirkan bisa saja tidak sadar bahwa dirinya membutuhkan pertolongan.

No 6, Depresi pasca melahirkan juga bisa terjadi pada seorang ayah, untuk itu jangan ragu untuk berbagi perasaan dengan pasangan, keluarga, atau bahkan dokter. Depresi pasca kelahiran yang menyerang seorang ayah bisa terjadi karena perasaan diabaikan atau kekhawatiran terhadap berbagai tanggung jawab baru setelah sang buah hati lahir. Jaga selalu kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat ketika ada kesempatan. Semoga Bermanfaat:))

| Penyakit Anak Kecil


Keywords : Tips Untuk Para Ayah Setelah Kelahiran Buah Hatinya ,