Beranda » kesehatan » Ibu Hamil » anemia » Penyebab Kurang Darah Pada Ibu Hamil

Penyebab Kurang Darah Pada Ibu Hamil

Dilihat 315x | Tags kesehatan, Ibu Hamil, anemia,

Penyebab Kurang Darah Pada Ibu Hamil September 2017

Sebelum membahas informasi tentang penyebab kurang darah pada ibu hamil, ada baiknya simak dahulu informasi mengenai obat kurang darah pada ibu hamil.

Kurang darah atau yang dikenal dengan anemia pada umumnya mempunyai arti tidak cukupnya sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Ketika jaringan tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen, maka fungsinya akan terganggu.

Kurang darah pada ibu hamil menjadi perhatian yang lebih, sebab ini bisa mempengaruhi janin yaitu berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, dan kematian ibu.

Ada banyak sekali penyebab kurang darah pada ibu hamil sesuai dengan jenisnya. Dibawah ini adalah salah satu jenis penyebab kurang darah pada ibu hamil yang paling utama :

Kekurangan asam folat
Kekurangan asam folat bisa mengakibatkan kurang darah, karena asam folat ini sangat berperan dalam produksi sel darah merah.

Kekurangan vitamin B12
Kekurangan vitamin B12 juga bisa menjadi penyebab dari kurang darah pada ibu hamil, karena vitamin B12 sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu produksi sel darah merah.

Proses fisiologis
Selain dua faktor diatas yang menjadi penyebab kurang darah pada ibu hamil, penurunan kadar hemoglobin selama kehamilan juga bisa diakibatkan oleh meningkatnya volume plasma yang tidak sebanding dengan peningkatan volume sel darah merah. Disproporsi antara tingkat kehanikan volume plasma dan eritrosit mempunyai perbedaan yang paling besar selama kehamilan trimester kedua.


Keywords : Penyebab Kurang Darah Pada Ibu Hamil,