Beranda » nama bayi perempuan islami » nama bayi perempuan » nama bayi » aturan memberi » Aturan Penting Memberi Nama Bayi Perempuan Menurut Islam

Aturan Penting Memberi Nama Bayi Perempuan Menurut Islam

Aturan Penting Memberi Nama Bayi Perempuan Menurut Islam Agustus 2017

Sudah menjadi tugas kita sebagai seorang umat islam untuk selalu mengikuti anjuran dan nasihat dari Nabi Muhammad Saw. Sebagian dari nasihat beliau seperti, agar orang tua memberikan nama bayi perempuan islami yang baik dan penuh arti pada sang buah hati. Hal tersebut tentunya sesuai dengan sabda Rosulullah Saw dalam sebuah hadist riwayat Abi Daun dari Abi Dardaara, yang menerangkan:



Rosulullah Saw berkata: sesungguhnya kamu sekalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama-namamu dan nama-nama ayahmu. Maka baguskanlah namamu.


Nama Memang sangatlah penting, karena nama seseorang menunjukkan apa agama yang dianut orang tersebut. Para malaikat akan memanggil seseorang dengan nama lengkap yang dia dapatkan dari orang tuanya. (bukhori muslim)

Seorang ayah lebih berhak memberi atau memilihkan nama untuk anaknya dari pada ibu. Hal ini karena nama anak akan disandarkan pada sang ayah buka pada ibu. Juga seorang ayah merupakan pemimpin keluarga, untuk itu salah satu haknya salam memilihkan nama untuk buah hatinya.

Aturan Saat Akan Memberikan Nama

  1. Berikan anak nama yang shar`e dan tentunya islami.
  2. Tidak terlalu panjang, tidak lebih dari dua kata, apalagi jika sampai empat kata yang hanya dipanggil satu. Sandingkan juga nama yang diberi dengan nama orang tua.
  3. Pilihkan nama yang indah ketika didengar telinga, memiliki makna yang bagus, dan coba bandingkan dua nama ini FRANSISKA dengan AISYAH? silahkan pilih.
  4. Beri nama-nama para nabi dan orang-orang yang sholeh.
  5. Tidak boleh memberi nama sesembahan yang disembah oleh orang musrik, contohnya uzza, abdus syam, abdur rosul, abdul husain seperti yang dilakukan syiah.
  6. Tidak boleh memberikan nama yang memiliki arti raja diraja.
  7. Para ulama juga memakruhkan nama yang disandarakan dengan kata islam atau din.
  8. Fan bagaimana dengan nama modern barat? sebagai seorang muslim, sebaiknya memberi nama yang sesuai dengan ajaran syariah agar barat.

Manfaat dari memberikan nama bayi perempuan yang baik dan penuh arti

  • Mengamalkan anjuran dari Nabi Muhammad Saw.
  • Supaya enak di dengar dan baik ketika diucap karena perafalan dan arti yang baik.
  • Nama yang baik dan bermakna akan mempengaruhi jiwa dan kehidupan sang buah hati.
  • Dengan tidak langsung saat kita menyebut nama sang buah hati, berati kita sedang mendoakannya sesuai dengan arti dan makna dari nama tersebut.
  • Anak mempunyai ciri atau identitas saat dipanggil, baik itu di dunia fana saat bergaul dengan temannya, ataupun saat di akhirat ketika menghadap padaNya.

Mengganti Nama Anak Yang Bermakna Buruk

Nama Bayi Perempuan Islami | Sudah disebutkan dalam kaidah ushul fiqh "Perintah atas sesuatu merupakan larangan akan kebalikannya". Rosulullah Saw juga menganjurkan kepada orang tua agar berusaha untuk memberikan nama yang baik dan bermakna baik, dan sebaliknya beliau melarang memberikan nama yang memiliki makna jelek.

Beliau juga selalu mengganti nama orang yang dianggapnya memiliki makna jelek atau tidak bermakna. Hal ini tergambar dalam sebuah hadist yang dijelaskan bahwa Rosulullah Saw mengganti nama yang dianggapnya tidak memiliki arti baik:



Sesungguhnya nama anak perempuan Umar bernama Aas`hiyah dan kemudian Rosulullah menggantinya dengan nama Jamillah


Aas`hiyah memilik arti yang pandai berhubungan intim (merujuk pada maksiat), sedangkan Jamillah memiliki arti wanita yang cantik.

Dari sini diisyaratkan bahwa setiap nama yang memiliki makna jelek atau kurang jelas bisa diganti dengan nama yang memiliki makna baik. Dan akan lebih indah jika Nama Bayi Perempuan Islami ini anda siapkan dan rancang seindah dan sedini mungkin yang tentunya sesuai dengan aturan ajaran islam sebelum buah hati lahir. Semoga Artikel Ini Bisa Bermanfaat:))


Keywords : Penting! Aturan Memberi Nama Bayi Perempuan Menurut Islam,